Industri pembayaran mobile China menghasilkan lebih dari $ 9 triliun per tahun, dan Alipay adalah pemimpin pasar.
Apple memenangkan medali perak China tahun lalu, dengan iPhone 7 Plus menjadi ponsel terlaris kedua di negara berpenduduk pada 2017. Pada 2018, raksasa elektronik tersebut mencari emas.
Dalam sebuah langkah yang tidak biasa, Apple bermitra dengan Ant Financial, perusahaan afiliasi raksasa e-commerce Alibaba, untuk memungkinkan pelanggan membeli produk di toko dan online menggunakan Alipay, sistem pembayaran yang bersaing dengan Apple Pay. Sebagai gantinya, aplikasi Alipay akan memiliki bagian khusus untuk pembelian App Store.
Meskipun layanan seperti PayPal dan Alipay dapat digunakan di App Store, iTunes dan Apple Music, Ant Financial menggembar-gemborkan ini sebagai pertama kalinya Apple mengizinkan metode pembayaran mobile pihak ketiga di toko fisiknya.
China adalah pasar yang sangat besar untuk Apple, dengan penjualan $ 9,8 miliar pada kuartal keempat tahun 2017 saja. Namun, kejayaan perusahaan China terjadi pada kuartal kedua tahun 2015, di mana ia menghasilkan $ 16,8 miliar. Sementara itu, transaksi pembayaran mobile China mencapai $ 9 triliun pada tahun 2016, dengan Alipay menyumbang sekitar 61,5 persen dari penjualan tersebut, sebuah laporan iResearch mengatakan.
"Ini adalah kasus klasik 'Ketika berada di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi,'" kata analis riset Counterpoint Neil Shah. "Ini pasti membuat pengguna sebaik pemerintah bahagia, karena merek asing mulai merangkul layanan lokal yang populer."
Apple telah membuat banyak langkah untuk merayu pemerintah China, termasuk membuka dua pusat data di negara ini, dan juga perusahaan lokal, seperti investasi miliaran dolar dalam perjalanan hailer Didi Chuxing.
Comments
Post a Comment